Selasa, 20 Maret 2012

TUGAS KEDUA PEREKONOMIAN INDONESIA #SOFTSKILL (KEL.9)

Tugas kedua

1.  
-        SEKTOR PEMERINTAH
Pemerintah adalah badan – badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi. Seperti halnya rumah tangga keluarga dan perusahaan, pemerintah juga sebagai pelaku ekonomi yang melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi.

-        SEKTOR SWASTA
BUMS adalah salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia. BUMS merupakan badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan BUMS adalah untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. BUMS didirikan dalam rangka ikut mengelola sumber daya alam Indonesia, namun dalam pelaksanaannya tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah dan UUD 1945. BUMS dalam melakukan perannya mengandalkan kekuatan pemilikan modal. Perkembangan usaha BUMS terus didorong pemerintah dengan berbagai kebijaksanaan.

-        KOPERASI
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum yang berlandaskan pada asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Sebagai salah satu pelaku ekonomi, koperasi merupakan organisasi ekonomi yang berusaha menggerakkan potensi sumber daya ekonomi demi memajukan kesejahteraan anggota. Karena sumber daya ekonomi tersebut terbatas, dalam mengembangkan usahanya koperasi harus mengutamakan kepentingan anggota maka koperasi harus mampu bekerja seefisien mungkin dan mengikuti prinsip-prinsip koperasi dan kaidah-kaidah ekonomi.

2.  
-        Peranan BUMN
Secara umum, peran BUMN dapat dilihat pada hal-hal berikut ini.
a) Mengelola cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak.
b) Sebagai pengelola bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya secara efektif dan efisien.
c) Sebagai alat bagi pemerintah untuk menunjang kebijaksanaan di bidang ekonomi.
d) Menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menyerap tenaga kerja.
2 ) Kegiatan konsumsi
Pemerintah juga membutuhkan barang dan jasa untuk menjalankan tugasnya. Seperti halnya ketika menjalankan tugasnya dalam rangka melayani masyarakat, yaitu mengadakan pembangunan gedung-gedung sekolah, rumah sakit, atau jalan raya. Tentunya pemerintah akan membutuhkan bahan-bahan bangunan seperti semen, pasir, aspal, dan sebagainya. Semua barang-barang tersebut harus dikonsumsi pemerintah untuk menjalankan tugasnya. Contoh-contoh mengenai kegiatan konsumsi yang dilakukan pemerintah masih banyak, seperti membeli barang-barang untuk administrasi pemerintahan, menggaji pegawai-pegawai pemerintah, dan sebagainya.
3 ) Kegiatan distribusi
Selain kegiatan konsumsi dan produksi, pemerintah juga melakukan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah dalam rangka menyalurkan barang-barang yang telah diproduksi oleh perusahaanperusahaan negara kepada masyarakat. Misalnya pemerintah menyalurkan sembilan bahan pokok kepada masyarakat-masyarakat miskin melalui BULOG. Penyaluran sembako kepada masyarakat dimaksudkan untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh pemerintah harus lancar. Apabila kegiatan distribusi tidak lancar akan memengaruhi banyak faktor seperti terjadinya kelangkaan barang, harga barang-barang tinggi, dan pemerataan pembangunan kurang berhasil. Oleh karena itu, peran kegiatan distribusi sangat penting.
3. Peranan Koperasi
Fungsi dan peran koperasi berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 4, yaitu :
a. Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka.
b. Turut serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
c. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai suku gurunya.
d. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

TUGAS PERTAMA PEREKONOMIAN INDONESIA #SOFTSKILL (KEL.9)

Tugas Pertama:
Sistem Free Fight Liberalism
Sistem ekonomi pasar adalah suatu sistem ekonomi dimana seluruh kegiatan ekonomi mulai dari produksi, distribusi dan konsumsi diserahkan sepenuhnya kepada mekanisme pasar.
Sistem ini sesuai dengan ajaran dari Adam Smith, dalam bukunya “An Inquiry Into the Nature and Causes of the Wealth of Nations.”

Ciri dari sistem ekonomi pasar adalah :
Setiap orang bebas memiliki barang, termasuk barang modal
Setiap orang bebas menggunakan barang dan jasa yang dimilikinya
Aktivitas ekonomi ditujukan untuk memperoleh laba
Semua aktivitas ekonomi dilaksanakan oleh masyarakat (Swasta)
Pemerintah tidak melakukan intervensi dalam pasar
Persaingan dilakukan secara bebas
Peranan modal sangat vital

-Kelebihan Sistem Ekonomi Pasar yaitu :
Menumbuhkan inisiatif dan kreasi masyarakat dalam mengatur kegiatan ekonomi
Setiap individu bebas memiliki sumber-sumber produksi
Munculnya persaingan untuk maju
Barang yang dihasilkan bermutu tinggi
Efisiensi dan efektivitas tinggi karena setiap tindakan ekonomi didasarkan atas motif mencari laba

-Kekurangan Sistem Ekonomi Pasar :
Sulitnya melakukan pemerataan pendapatan
Cenderung terjadi eksploitasi kaum buruh oleh para pemilik modal
Munculnya monopoli yang dapat merugikan masyarakat
Sering terjadi gejolak dalam perekonomian
 Sistem Ekonomi Komando (Terpusat)

Sistem ekonomi komando adalah sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.

Ciri dari sistem ekonomi Komando adalah :
Semua alat dan sumber-sumber daya dikuasai pemerintah.
Hak milik perorangan tidak diakui.
Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian.
Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah.

-Kelebihan Sistem Ekonomi Komando :
Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran dan masalah ekonomi lainnya.
Pasar barang dalam negeri berjalan lancar.
Pemerintah dapat turut campur dalam hal pembentukan harga.
Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan.
Jarang terjadi krisis ekonomi.

-Kekurangan Sistem Ekonomi Komando :
Mematikan inisiatif individu untuk maju.
Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat.
Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya.

Sistem Monopoli
Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.
Setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, dan apabila ia mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, ia dapat membeli petak itu sesuai harga yang tertera. Bila petak itu sudah dibeli pemain lain, ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan.        

Perkembangan Sistem Ekonomi Indonesia setelah Orde Baru

Dengan terkendalinya laju inflasi, stabilnya nilai tukar Rupiah dan menurunnya suku
bunga serta munculnya tanda positif membaiknya kegiatan ekonomi akhir-akhir ini, kondisi
perekonomian Indonesia diharapkan akan terus menunjukkan tanda-tanda yang menunjukkan
pemulihan ekonomi. Secara keseluruhan dalam tahun 1999 produk domestik bruto (PDB) akan
tumbuh pada kisaran –2%  hingga 0%. Untuk tahun fiskal 1999/2000 laju pertumbuhan PDB
diperkirakan akan menunjukkan angka positif.
Hingga akhir tahun 1999 tekanan inflasi diperkirakan masih akan tetap rendah. Secara
tahunan laju inflasi diperkirakan akan mencapai kisaran 10% hingga 13%. Perkembangan
berbagai faktor baik dari sisi permintaan maupun sisi penawaran belum menunjukkan indikasi
terjadinya ketidakseimbangan yang dapat meningkatkan tekanan-tekanan kenaikan harga. Dari
sisi eksternal, hal tersebut didukung pula oleh perkiraan rendahnya laju inflasi dunia dan harga
barang-barang impor yang cenderung menurun.
Perkembangan permintaan agregat diperkirakan masih relatif lemah sehingga tekanan
inflasi dari sisi permintaan juga akan tetap rendah. Sumber pertumbuhan masih akan bertumpu
pada konsumsi dan investasi pemerintah sehingga defisit fiskal diperkirakan akan mencapai 3,7%
dari PDB. Sebaliknya kegiatan investasi sektor swasta diperkirakan baru akan sedikit meningkat
setelah semester II tahun 1999.  Sementara itu, permintaan luar negeri bersih diperkirakan
memberikan sumbangan negatif terhadap pembentukan PDB. Hal ini sejalan dengan perkiraan
masih lemahnya ekspor, khususnya non migas, sementara impor diperkirakan mulai meningkat.
Dari sisi penawaran, tekanan inflasi masih akan rendah. Hal ini berkaitan dengan
perkiraan meningkatnya pasokan yang berasal dari produksi pertanian dan perbaikan jaringan
distribusi serta masih rendahnya pemanfaatan kapasitas produksi. Tekanan inflasi dari sisi
penawaran juga belum mengkhawatirkan mengingat masih rendahnya pemanfaatan kapasitas
produksi meskipun diperkirakan akan meningkat terutama mulai kuartal akhir 1999. Hal ini akan
sangat berkaitan dengan bagaimana proses pemulihan akses pembiayaan dari sektor perbankan
dan restrukturisasi keuangan dunia usaha.
Perkembangan di sisi eksternal diperkirakan tidak banyak memberikan tekanan terhadap
perkembangan harga-harga di dalam negeri. Hal ini berkaitan dengan situasi ekonomi moneter
internasional yang cenderung membaik, seperti tercermin pada pertumbuhan ekonomi dunia yang
diperkirakan meningkat dengan tekanan inflasi yang relatif rendah. Perkembangan pasar
keuangan dunia juga diperkirakan relatif stabil dan suku bunga cenderung menurun.
Berdasarkan perkembangan positif di atas, arah kebijakan moneter untuk bulan-bulan
mendatang adalah pelonggaran likuiditas secara berhati-hati dengan tetap memperhatikan target
moneter yang telah ditetapkan. Dengan memperkirakan laju inflasi tahun 1999 sekitar 10  – 13%
dan ruang untuk melonggarkan besaran moneter  hingga akhir tahun, maka suku bunga SBI
diperkirakan akan cenderung menurun hingga pada akhir tahun 1999 mencapai sekitar 17  – 20%.
Kehati-hatian tersebut di atas perlu dilakukan mengingat masih adanya unsur ketidakpastian pasca
pemilu tanggal 7 Juni 1999 serta adanya kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve Board Amerika Serikat.
Kecenderungan penurunan suku bunga diharapkan dapat mendukung pula upaya-upaya yang terus dilakukan untuk mempercepat penyehatan perbankan. Di samping dapat meringankan beban  negative spread perbankan, penurunan suku bunga ini diharapkan dapat mendukungpenanganan kredit bermasalah dan keberhasilan program restrukturisasi perbankan. Selain itu, penurunan suku bunga tersebut diharapkan juga akan mempermudah dan memperlancar proses penyelesaian utang luar negeri perusahaan swasta yang sudah mulai menunjukkan perkembangan positif akhir-akhir ini. Dengan demikian berbagai langkah kebijakan tersebut diharapkan menciptakan suatu sinergi yang dapat mendukung pemulihan perekonomian nasional di masa yang akan datang.